Liputan Kegiatan Lapor Diri dan Pendaftaran Anggota PPI Rotterdam

Lapor diri PPI, 26 November 2010

Lapor diri mahasiswa baru PPI Rotterdam, 26 November 2010

Pada hari Jumat, 26 November 2010, PPI Rotterdam beserta perwakilan dari KBRI Den Haag mengadakan acara lapor diri. Acara ini dimulai pada pukul 18.00 di ruang C2-081, kampus Woudestein, Erasmus Universiteit Rotterdam.

Acara ini bersifat wajib bagi semua mahasiswa baru di Rotterdam dan bertujuan untuk mendata keberadaan para WNI di Belanda. Acara lapor diri ini sangat penting karena jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada mahasiswa, seperti hilangnya paspor atau travel document Perwakilan RI di Belanda tidak dapat memberikan bantuan atau melakukan penggantian paspor / dokumen seketika jika mereka tidak mempunyai data diri orang yang bersangkutan.

Dalam proses pelaporan diri ini mahasiswa baru diminta untuk mengisi formulir pelaporan diri dan membawa beberapa dokumen seperti fotocopy passport dan kemudian mengikuti jalur pendaftaran sesuai dengan arahan dari perwakilan KBRI. Dalam acara ini juga dilakukan pendaftaran anggota PPI Rotterdam dan pembayaran uang kas oleh mahasiswa baru. Menjelang akhir acara, diadakan sesi tanya jawab antara bapak dan ibu perwakilan dari KBRI dengan mahasiswa-mahasiswa Rotterdam dan kemudian acara lapor diri ditutup oleh ketua PPI Rotterdam.

Keseluruhan acara yang dihadiri oleh 63 orang mahasiswa Roterdam dan 7 orang perwakilan dari KBRI Den Haag ini berlangsung dengan lancar dan tertib. Informasi lebih lanjut mengenai tata cara dan proses lapor diri bisa didapatkan di website KBRI (http://www.id.indonesia.nl/content/view/81/78/).

 

This entry was posted in Liputan Kegiatan and tagged , . Bookmark the permalink.