Liputan Kelas Motivasi

Pak Ancok dan Rhoma Irama

Motivasi adalah sebuah alasan atau dorongan seseorang untuk bertindak.  Nah, siapa sih yang tidak butuh motivasi? Sepertinya semua orang butuh motivasi. Walau pada dasarnya motivasi itu datang dari dalam diri sendiri, kadang kita memerlukan bantuan faktor luar untuk memicu dorongan dari dalam itu.

Musim dingin (winter) adalah saat yang pas untuk mendapatkan suntikan motivasi dari luar. Suhu udara yang bisa mencapai belasan derajat celcius dibawah nol, angin yang berhembus kencang, malam yang semakin panjang memang bisa membuat kita betah bermalas-malasan di tempat tidur. Padahal demand agar kita tetap aktif dan berkreasi tidak berkurang dengan adanya winter, tugas kuliah tetap memanggil-manggil untuk dikerjakan, agenda kuliah tetap ada disana menanti kedatangan kita, ada les-les, kegiatan olah raga, dan segudang aktivitas lainnya yang sayang untuk dilewatkan karena semuanya membantu kita untuk menjadi lebih baik.

PPI Rotterdam melihat kebutuhan itu dan oleh karenanya diadakanlah kelas motivasi bersama bapak Djamaludin Ancok (Guru Besar Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada). Lebih tepatnya acara diadakan pada tanggal 7 Januari 2011 di kampus Erasmus University, Woudestein. Lebih dari 20 orang menghadiri acara tersebut. Yang datang sepertinya tidak menyesal meluangkan waktu di malam musim dingin yang sudah pasti dingin😀 karena Pak Ancok, begitu beliau biasa disapa, berhasil menghangatkan suasana. Lihat saja buktinya disini.

Pak Ancok tidak hanya mendatangkan Rhoma Irama ke kelas (not literally), tapi juga memotivasi kita lewat kata-kata dan video yang menggugah. Menurut salah satu slide beliau, ada dua tipe manusia dalam menghadapi permasalahan hidup:

Yang pertama, pasrah pada nasib: Nasib manusia di tangan Tuhan. Tidak perlu berusaha karena segala sesuatu di tangan Tuhan.
Yang kedua, merubah nasib: Tuhan Tidak merubah nasib sesuatu kaum/bangsa kecuali mereka sendiri yang merubahnya.
Lalu, yang manakah kita?

Lebih dari persoalan yang manakah kita, mulailah perubahan dari: SAYA, SEKARANG, SEKECIL APAPUN, SAMPAI KAPANPUN
Gajah mati meninggalkan tulang, harimau mati meninggalkan belang, manusia mati meninggalkan nama..
Last but not least, semoga motivasi yang ada bisa semakin besar dan bertahan di segala musim. Semangat buat semuanya🙂

This entry was posted in Liputan Kegiatan and tagged , . Bookmark the permalink.