[ISG #5] System Thinking

Apa itu system thinking?

System Thinking adalah suatu proses untuk memahami bagaimana satu individu dapat mempengaruhi individu lain atau komunitas tempat dia berada. Salah satu contoh penggunaan System Thinking adalah bagaimana memahami ekosistem di alam yang terdiri dari berbagai elemen seperti udara, air, gerakan, tumbuhan, dan hewan yang saling bergantung satu sama lain dalam siklus hidup sistem tempat mereka berada. Dalam organisasi, sistem terdiri dari orang, struktur, dan proses yang bekerja sama dan saling menentukan sehat atau tidaknya organisasi tersebut.

System Thinking dapat digunakan sebagai pendekatan untuk memahami suatu permasalahan, dengan melihat “masalah” sebagai bagian dari sistem keseluruhan, bukan sebagai bagian terpisah yang tidak terkait dengan elemen-elemen yang lain di sekelilingnya. Pendekatan menggunakan System Thinking adalah metode dengan melihat sistem secara holistik dan menganalisanya melalui hubungan sebab akibat dari setiap elemen yang terkait.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai hal ini, maka ISG kali ini akan diadakan pada :

Hari dan tanggal   : Kamis, 12 Mei 2011
Waktu                         : 17.30-19.00 CET
Tempat                      : H4-02, Woudestein Complex EUR

Pembicara pada ISG kali ini adalah Rangga Raditya. Rangga adalah mahasiswa MBA di RSM, Erasmus University. Beliau menyelesaikan pendidikan S1 nya di ITB jurusan Teknik Elektro pada tahun 2003, dan pendidikan S2 nya pada tahun 2008 jurusan Teknik Industri di Universitas Indonesia. Beliau bekerja di PT. Pertamina, Indonesia’s leading oil company, lebih khususnya di Pertamina Perkapalan.

Jangan lupa datang ya teman-teman, apalagi ISG kali ini ada games – games seru dan menarik😀

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.