Museum Night 2011

Apa yang ada di benak kalian saat mendengar kata museum?

Tempat yang berdebu, sepi pengunjung, dan membosankan?

Well, jika kalian berpikir seperti itu kemungkinan kalian belum pernah ikut acara Museum Night.

Saat Museum Night sekitar 45 museum yang ada di Rotterdam mempercantik dirinya, menyajikan atraksi dan workshop menarik,  menjadi ajang party yang kadang membuat kita lupa bahwa kita sedang berada di museum.

Beruntunglah beberapa teman PPI Rotterdam sempat menyaksikan sisi lain dari museum ini pada Museum Night tgl 5 Maret 2011 yang lalu. Sekitar 20 orang teman-teman kita hadir meramaikan acara itu, bahkan ada yang berpartisipasi sebagai pengisi acara dengan membantu Batik Workshop di Museum Rotterdam Schielandhuis. Acara dimulai sekitar pukul 8 malam dengan opening ceremony di depan Kunsthal. Selanjutnya rombongan (sebagian berpencar) mulai mengunjungi museum-museum yang ada.

Museum-museum seperti berlomba untuk menyajikan yang terbaik dan terunik. Tidak hanya bisa melihat koleksi yang dimiliki oleh museum kita juga bisa terlibat dalam aktivitas-aktivitas seru. Di Onderwijsmuseum misalnya, kita bisa menghirup ramuan cinta dan kemudian instantly merasakan gimana rasanya jatuh cinta. Di Maritiem Museum kami bisa nge-dance mengikuti irama saxophone dan menyaksikan flash mob yang kocak dan seru. Kami bahkan mendapatkan sertifikat atas keberhasilan melewati serangkaian didikan ala militer di Mariniermuseum. What a day!

Acara memang berlangsung hingga lewat tengah malam tapi yang jelas banyak yang bisa kami ambil dari hari itu. Kami bisa bersenang-senang dan melihat bagaimana seriusnya Rotterdam menghidupkan museumnya sehingga museum menjadi menarik untuk di kunjungi. Sesuatu yang mudah-mudahan bisa kita tiru langkahnya di Indonesia. Amin

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.