Bike Tours – Kinderdijk

Apa itu Kinderdijk?

Deretan Windmill di Kinderdijk

Menyambut musim panas tahun ini, PPI Rotterdam mengajak teman-teman untuk bersepeda santai mengunjungi Kinderdijk, salah satu UNESCO World Heritage yang letaknya tidak jauh dari pusat kota Rotterdam. Di Kinderdjik, kita bisa mengunjungi 19 windmill yang ada sejak abad ke-16. Jadi selain bersepeda santai bersama teman-teman PPI yang lain, kita juga bisa mengabadikan windmill yang menjadi ikon negara Belanda, alias foto-foto di cuaca yang semoga cerah hari Sabtu ini. Sekali dayung, dua-tiga pulau terlampui😛

Waktu dan lokasi keberangkatan

Meeting point : Rotterdam Centraal, dekat halte tram (seperti pada saat bike tour sebelumnya)
Waktu : Sabtu, 14 Mei 2011 (Pk. 10.00 briefing singkat. Pk. 10.30 berangkat ke Kinderdijk (lama perjalanan ± 1 jam).

Rute

Rencananya, kita berangkat menggunakan sepeda dan kembali ke Rotterdam menggunakan waterbus. Jadi teman-teman tidak terlalu kecapekan.
Berangkat
Rotterdam CS –>  Beursà Blaak–> menyusuri Maasboulevard –> Oude Plantage –> Erasmus Woudestein–> terus ke timur sampe bertemu dengan Highway –> Ke selatan sampai bertemu dengan sungai –> menyuri sungai sampai Krimpen aan de lek –> naik ferry menyeberang ke arah kinderdijk –> jalan ke timur sebentar -> Kinderdjik!

Rute Bersepeda

Bisa juga klik tautan ini: http://maps.google.nl/maps?f=q&hl=en&geocode=&q=http:%2F%2Fhilton.org.uk%2Fcycling%2Frotterdam-kinderdijk.kml&ie=UTF8&ll=51.908273,4.565163&spn=0.126427,0.265732&z=12&om=1

Pulang
Dari tempat penyeberangan di Kinderdijk, kita naik waterbus No. 6 ke Riddekerk. Dari Riddekerk kita ambil Ferry No. 20 ke Rotterdam (turun di Erasmusburg).

Kegiatan di Kinderdijk

Setibanya di Kinderdijk, kita bisa duduk ngobrol-ngobrol bersama untuk beristirahat dan juga makan siang. Setelah itu teman-teman bisa memilih beberapa alternatif kegiatan bebas yang ada di sekitar Kinderdijk seperti berikut:

Museum Windmill

Bersepeda di sepanjang jalan Molenkade. Di kanan dan kiri jalan ini terdapat deretan windmill. Selain itu pemandangan sungai dan persawahannya cukup indah.

Molentocht. Menikmati deretan windmill yang bentuknya bermacam-macam di pinggiran sungai, berlayar dengan kapal selama ± 30 menit.

Mengunjungi Museum Windmill. Salah satu dari windmill yang ada dibuka untuk  wisatawan yang datang. Teman-teman bisa melihat bagian dalam windmill yang difungsikan sebagai rumah, dokumentasi mengenai fungsi windmill dari beberapa dekade yang lalu, dan juga turbin untuk mengalirkan air yang digerakkan oleh windmill itu sendiri.

Yang Perlu Disiapkan…

Sepeda!
Karena acaranya bersepeda santai, bawa sepeda jelas wajib hukumnya. Buat yang nggak punya sepeda, coba kontak kita, nanti bisa kita usahain dapet pinjeman dari temen-temen yang lain.
Bekal makan siang
Jangan lupa bawa makan siang. Nanti kita sekalian piknik kecil disana, sambil menikmati matahari dan pemandangan pedesaan Belanda.
Air minum yang cukup
Karena perjalanan yang cukup panjang dan juga mengingat panas sinar matahari yang mulai terik, jangan lupa bawa air minum yang cukup.
Uang secukupnya & OV-Chipkaart
Untuk perjalanan ini teman-teman perlu menyiapkan uang untuk membayar ferry penyeberangan, tiket museum dan kapal wisata (optional). Untuk waterbus kita bisa menggunakan OV-Chipkaart dengan tarif yang lebih murah.

Flyer (PDF): Kinderdijk Trip Flyer

This entry was posted in Pengumuman and tagged , , . Bookmark the permalink.