[ISG 1] “Hubungan Antara BPK, BPKP, KPK dan PNS Dalam Perspektif Generasi Muda”

PPI Rotterdam bekerjasama dengan PPMR mengundang teman-teman untuk hadir pada acara ISG edisi #November-2011 dengan judul “Hubungan Antara BPK, BPKP, KPK dan PNS Dalam Perspektif Generasi Muda”.
Beberapa tahun ke belakang, rakyat Indonesia beserta pemerintahnya sedang gencar-gencarnya memerangi korupsi untuk menciptakan negara yang bersih. Selain di usahakan secara langsung lewat institusi hukumnya berupa pengadilan dan polisi, terciptalah badan hukum khusus untuk menangani korupsi yaitu KPK. Lalu, apa perbedaan lembaga baru ini bila dibandingkan dengan lembaga terdahulu yang memonitor masalah keuangan seperti BPK dan BPKP? Bagaimana peran masing-masing lembaga dalam perang melawan korupsi di Indonesia?
Pegawai Negeri Sipil (PNS) sebagai ujung tombak pemerintah dalam menjalankan fungsinya selama ini selalu terjebak dalam banyak sentimen negatif. Terutama bagi generasi muda, PNS sangat identik dengan birokrasi berbelit-belit, seenaknya dalam melaksanakan tugas, dan mudah dibeli oleh uang. Namun, bagaimanakah dunia PNS sebenarnya dibalik pandangan-pandangan negatif tersebut?
Untuk menjelaskan hal-hal tersebut PPI Rotterdam menghadirkan pembicara, Rahmijusti Khairul atau yang akrab disapa Mbak Rahmi dalam diskusi ISG kali ini.
Mbak Rahmi sendiri adalah Auditor Administrasi Umum BPK yang bertugas di Sumatera Barat. Beliau menyelesaikan pendidikan S1-nya di Manajemen Universitas Andalas dan Akutansi Universitas Indonesia, dan sekarang sedang menempuh pendidikan S2 di Accounting, Auditing and Control Erasmus University Rotterdam.
Bersama-sama, kita akan membicarakan berbagai peranan dan intrik KPK, BPK, serta BPKP dalam fungsi kepemerintahan. Selain itu, akan disingkap pula kenyataan sebenarnya dibalik stereotype negative mengenai Pegawai Negeri Sipil yang selama ini tidak popular di mata generasi muda Indonesia.
Kehadiran teman-teman sangat dinantikan pada diskusi ini. Diharapkan kita dapat membuka wawasan dan memahami seluk beluk pemerintahan kita dengan lebih baik. Keterangan lebih lanjut bisa dilihat di website PPI Rotterdam : https://ppirotterdam.wordpress.com/

Indonesian Scholar Gathering #November 2011
Hari/Tanggal: Jum’at, 2 Desember 2011
Waktu : 17.30 – 19.30 CET
Lokasi : Erasmus Universiteit – Woudestein, G2-21
Tema: “Hubungan Antara BPK, BPKP, KPK dan PNS Dalam Perspektif Generasi Muda”
This entry was posted in Indonesian Scholar Gathering (ISG). Bookmark the permalink.