Liputan Arisan Bersama (ARIBA) Rotterdam 2012

ARIBA adalah suatu acara yang diadakan oleh PPI Belanda. Acara ini mengundang seluruh PPI kota di Belanda. ARIBA kali ini diadakan di kota Rotterdam pada 28 Januari 2012. Acara ini dimulai dengan city tour mengelilingi kota Rotterdam, dipandu oleh para anggota PPI Rotterdam.  Perserta berkumpul di Rotterdam Centraal Station pukul 10 pagi dan memulai perjalanan pukul 11.15. City tour dimulai dengan mengunjungi De Doelen yang kebetulan saat itu sedang ada kegiatan International Film Festival Rotterdam. Kemudian, dari sana peserta Ariba dari kota-kota lainnya dibawa mengunjungi beberapa landmark dan major tourist attractions lainnya seperti Stadhuis, Beursplein, Witte de Withstraat, Erasmusburg, Laurenskerk, dan Cubic House.

Sekitar jam 14.30, peserta Ariba berkumpul di Erasmus University dan langsung makan siang. Setelah makan siang, acara indoor pun dimulai. Acara indoor dimulai dengan sambutan dari Ketua PPI Rotterdam, Koordinator Divisi Sosial PPI Rotterdam, dan Sekretaris PPI Belanda, mewakili Sekjen PPI Belanda yang tidak bisa hadir, dan kemudian dilanjutkan dengan beberapa games yang seru dan menarik. Setelah itu, diskusi tentang bekerja di Belanda dimulai dengan presentasi dari Monica dan Aryo, yang sekarang sudah bekerja di Belanda. Mereka banyak memberi tips-tips menarik tentang bagaimana mendapat pekerjaan di Belanda. Tidak hanya Monica dan Aryo, namun para peserta yang pernah atau telah bekerja di Belanda juga ikut memberi tips-tips bagi peserta yang lain. Tips yang diberikan adalah tips interview, waktu yang tepat untuk mencari kerja, dimana mencarinya, serta tips-tips lain yang sangat berguna.

Acara ARIBA ini diakhiri dengan pemutaran video mengenai Bung Hatta. Dalam rangka menyambut ulang tahun PPI Belanda yang ke 90, ARIBA di Rotterdam ini juga memberikan suguhan berupa dokumentasi yang dibuat oleh Divisi Komunikasi dan TI mengenai kehidupan Bung Hatta khusunya di Belanda. PPI Rotterdam juga berusaha untuk menjelaskan sejarah panjang PPI Rotterdam yang diisi oleh beberapa orang penting dalam pembangunan bangsa Indonesia, antara lain, Bung Hatta, Kwik Kian Gie, Radius Prawiro, dan Sumitro Djojohadikusumo.

 

This entry was posted in Liputan Kegiatan. Bookmark the permalink.