Liputan ISG Februari

Pada tanggal 28 Februari 2012, PPI Rotterdam bekerja sama dengan PPMR menyelenggarakan ISG edisi Februari dengan tema Pengetahuan IT Individu untuk Meningkatkan Kinerja Keseharian. ISG kali ini diisi oleh Brima Aribowo, SKom sebagai pembicara sekaligus pemateri. Dengan dipandu oleh Ardin Agristi, acara dimulai tepat pukul 17.30, berlokasi di ruang H4-10 kampus Woudestein-Erasmus Uni.

Diskusi dimulai dengan pengenalan hardware. Disertai penjelasan berupa grafik, peserta diskusi dibawa menjelajahi seluk beluk CPU dan cara kerja dari tiap bagian.

Selanjutnya, peserta dibawa menelusuri penjelasan singkat seputar virus, malware, dan anti-virus. Di akhir seksi ini, pemateri memberikan beberapa anti-virus gratis yang recommended.

Selanjutnya, forum sampai pada inti acara, yaitu tips dan trik untuk meningkatkan kinerja sehari-hari. Diawali dengan penjelasan mengenai password, pemateri memberikan tips seputar pemakaian password yang baik dan aman. Selanjutnya, pemateri memperkenalkan beberapa program yang dapat membantu para peserta diskusi seperti Dropbox, Evernote, GoogleDocs, serta Spotify. Setelah melalui demo dan pengenalan software-software tersebut, para peserta forum pun mencoba sendiri penjelasan yang sudah diberikan di laptop dan notebook masing-masing.

Forum berlanjut dengan saling share tips antara peserta forum, diantaranya tips mengenai wetransfer.com untuk keperluan pengiriman file besar, VOIPforAndroid untuk solusi komunikasi internasional murah, dan beberapa tips mengagumkan lainnya. Sekitar pukul 20.00 waktu setempat, forum selesai dan ke-31 peserta forum keluar dari ruangan dengan berbagai ilmu baru seputar penggunaan IT untuk sehari-hari. Sampai jumpa di ISG selanjutnya!

This entry was posted in Indonesian Scholar Gathering (ISG), Liputan Kegiatan. Bookmark the permalink.