3 hari pertama

EUR  Woudestein Complex

Lapor ke Pihak Universitas

Lapor ke Universitas menjadi prioritas utama karena Anda biasanya diminta untuk melaporkan kedatangan anda oleh Pihak Universitas dan akan mendapatkan beberapa berkas untuk mengurus residence permit (verblijfsvergunning). Selain itu biasanya akan diberikan beberapa informasi praktis mengenai studi anda selama di Rotterdam.

Membuat Bank Account

Rekening bank menjadi salah satu hal terpenting yang harus segera diurus karena semua proses pembayaran atau berlangganan, seperti telepon dan internet memerlukan nomor rekening dan PIN/Betaalpas. Pembuatan rekening bank di Belanda berbeda dengan di Indonesia. Sebagai gambaran, untuk pembukaan rekening di Bank ING  anda harus menunggu sekitar 1 minggu sebelum aplikasi pembukaan rekening disetujui. Setelah itu anda harus menunggu 1 minggu untuk mendapatkan pin code untuk Betaalpas (kartu ATM). Anda tidak akan mendapatkan buku tabungan karena semua transaksi bisa dipantau melalui Internet Banking. Untuk mendapatkan username dan password biasanya membutuhkan waktu 1 minggu.

Ada beberapa pilihan Bank yang bisa dipertimbangkan:

  • ING – Prosesnya relatif mudah untuk mahasiswa internasional. Cukup membawa passport dan surat penerimaan sekolah. Salah satu pilihan favorit mahasiswa Indonesia yang ada di Rotterdam.
  • ABN-AMRO – Membutuhkan no. penduduk (burgerservicenummer) tapi kabarnya untuk membuka rekening di ABN-AMRO cabang kampus Woudestein (EUR)  tidak memerlukan nomor tersebut.
  • Rabobank

Telekomunikasi

hp

Untuk kartu selular terdapat banyak sekali pilihan provider yang bisa digunakan. Untuk menghubungi keluarga dan teman di Indonesia, layanan yang ekonomis dan banyak digunakan oleh para pendatang adalah Lebara dan Lyca. Sementara untuk telepon di dalam kawasan Belanda yang cukup populer adalah T-Mobile, Vodafone, Ben, dan Telfort.

Blackberry?
Provider untuk pre-paid Blackberry: Vodafone, T-Mobile

Starter pack atau kartu perdana bisa dibeli di toko telepon, toko kartu telepon yang biasanya menjual calling card international (biasanya di daerah pemukiman pendatang), atau Mediamarkt. Harga kartu perdana berkisar antara 5-10 euro dengan saldo awal 5 euro. Kartu perdana khusus untuk Blackberry bisa didapatkan di Mediamarkt dengan harga berkisar antara 15-20 euro.

Gemeente Rotterdam

Lapor ke Gemeente (Municipality)

Biasanya setelah proses residence permit anda dimulai oleh pihak universitas (sekitar 2 minggu setelah memasukkan aplikasi), anda sudah bisa mendaftarkan diri ke Municipality. Setelah mendaftarkan diri anda akan mendapatkan nomor penduduk (burgerservicenummer).

Lapor diri KBRI*

Anda bisa mendaftarkan diri ke Den Haag, atau menunggu pihak KBRI datang ke Rotterdam untuk pencatatan penduduk Indonesia di Belanda yang dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Untuk informasi lebih lanjut silahkan klik: Kegiatan Rutin >> Daftar Diri KBRI.

*Penting tetapi tidak harus tepat dalam 3 hari pertama di Belanda.