Perjalanan ke Rotterdam

Hari keberangkatan ke Belanda adalah hari yang mendebarkan, apalagi jika ini pengalaman pertama ke luar negeri. Namun tidak perlu khawatir, asal semua sudah dipersiapkan dengan baik semuanya pasti akan lancar.

Jakarta – Amsterdam

SchipholKeberangkatan ke Rotterdam dari Indonesia umumnya harus melalui Schiphol, Amsterdam. Penerbangan langsung dari Jakarta ke Amsterdam memakan waktu sekitar 15 jam, tergantung dengan maskapai penerbangan yang dipilih. Usahakan untuk memakai waktu perjalanan di udara untuk beristirahat, supaya ketika tiba di Belanda kondisi tubuh dalam keadaan fit dan siap untuk beraktivitas.

Schiphol (AMS) – Rotterdam

Dari Bandara Internasional Schiphol, membutuhkan waktu kurang lebih 47 menit dengan kereta intercity untuk tiba di Rotterdam Centraal, stasiun kereta utama di Rotterdam. Alternatif lain menggunakan kereta cepat Fyra yang membutuhkan waktu sekitar 27 menit. Jika memutuskan untuk naik Fyra, jangan lupa membeli tiket suplemen NS (toeslag).

Tiket kereta bisa dibeli melalui mesin tiket NS yang berwarna kuning-biru (pembayaranRotterdam Centraal dengan kartu kredit) atau melalui loket penjualan tiket, keduanya berada di Schiphol plaza. Jadwal kereta bisa dicek di monitor atau papan pengumuman berwarna kuning di dekat mesin tiket. Perhatikan kereta yang akan dinaiki berada di peron berapa, karena akses masuk ke setiap peron berbeda-beda.

Peron kereta api ada di lantai bawah tanah plaza tersebut, perhatikan tanda petunjuk elevator atau tangga ke bawah dengan angka 1-6 (nomor peron) dan monitor informasi mengenai keberangkatan kereta terdekat.

Kereta Fyra akan langsung menuju Rotterdam Centraal, sedangkan kereta intercity biasanya akan berhenti di Leiden Centraal dan Den Haag HS sebelum berhenti di Rotterdam Centraal.

Rotterdam Centraal saat ini tidak terlalu ramah bagi penggunanya yang datang dan pergi dengan koper besar dan berat karena akses turun dari peron hanya ada tangga statis. Belum lagi di jam-jam sibuk dan akhir minggu, stasiun ini sangat padat.

Dari Rotterdam Centraal, kita bisa menggunakan tram, bis, metro atau taxi untuk menuju ke apartemen atau asrama yang akan ditinggali. Belum punya teman yang dikenal untuk menjemput di Rotterdam Centraal? Silahkan menghubungi teman-teman di PPI Rotterdam supaya bisa ditemani ke apartemen/asrama tempat tinggal.

Quick Fact:

  • Terminal kedatangan pesawat dari Indonesia di Schiphol: Arrival 3
  • Harga tiket kereta Schiphol-Rotterdam Centraal: € 10,70 (per Feb 2011)
  • Perusahaan jasa kereta api di Belanda: Nederlandse Spoorwegen (NS)
  • Journey Planner: http://www.9292ov.nl
    Untuk mengetahui moda transportasi yang harus digunakan untuk menuju suatu tempat. Sistem point-to-point , tinggal memasukkan alamat saja.