Sekilas tentang PPI Rotterdam

PPI Rotterdam adalah milik seluruh pelajar Indonesia di Rotterdam!

Dengan usianya  yang lahir pada tahun 1985, PPI Rotterdam ber-dinamika, naik dan turun, berwarna-warni seiring datang dan pulangnya pelajar Indonesia yang belajar di Rotterdam. Dinamika PPI Rotterdam, dapat disimak melalui artikel berikut ini.

Persatuan Pelajar Indonesia di Rotterdam (disingkat PPI-R) merupakan persatuan pelajar dengan karakteristik sosial, kultural, dan akademis. PPI-R adalah persatuan pelajar yang terbuka untuk semua pelajar Indonesia yang belajar di salah satu perguruan tinggi di Rotterdam.

Dibentuk pada tahun 1985 oleh beberapa mahasiswa Universitas Erasmus, PPI-R awalnya adalah sebuah sub-organisasi yang berada dibawah naungan KASEUR Erasmus. KASEUR Erasmus adalah salah satu komisi dekan yang membawahi pelajar internasional di Universitas Erasmus. Seiring dengan perkembangan PPI-R dan juga dengan dinamisnya arus pelajar Indonesia di Rotterdam. PPI-R tidak hanya beranggotakan mahasiswa Erasmus, namun juga universitas lain seperti INHOLLAND, HES, HRO, dan IHS.

Berdasar tiga karakteristik PPI-R (sosial, kultural, dan akademis), PPI-R membentuk misi dan objektifitas kegiatannya. Misi dari PPI Rotterdam adalah:

  • membantu menjalin persatuan dan persaudaraan antar pelajar Indonesia di Rotterdam.
  • melaksanakan kegiatan kreatif dan positif untuk pelajar Indonesia di Rotterdam.
  • menyediakan media informasi dan komunikasi antar anggota PPI Rotterdam.
  • memperkenalkan budaya Indonesia kepada masyarakat setempat.

Secara umum, PPI Rotterdam bergerak dan aktif dalam tiga jenis kegiatan. Jenis kegiatan tersebut adalah kegiatan internal PPI Rotterdam, kegiatan KASEUR, dan kegiatan dalam forum PPI Belanda. Kegiatan-kegiatan PPI Rotterdam akan dibahas lebih lanjut dalam judul “kegiatan PPI Rotterdam”.